Control Structures Statement Java

Nama kelompok : Andry Salim Wijaya, Daniel Laoh, William Aprilio, Ricky Rizaldi, Felix

Selection Statement

Selection statement digunakan dalam suatu bahasa pemrograman untuk melakukan cek terhadap suatu kondisi logika yang diinginkan. Selection statement memungkingkan kita memilih satu diantara dua atau tiga pilihan yang ada. Dalam bahasa Java, selection statement dapat terbagi menjadi two way selection dan multiple way selection.

  1. Two Way Selection

Two way selection merupakan suatu keadaan dimana kita harus memilih satu diantara dua pilihan yang ada. Terdapat beberapa jenis two way selection seperti: if-else, nested-if, dan if-else if.

  1. If-Else

 

6-1

6-2

2. If – Else – If

6-3

6-4

3. Nested If

6-5

6-6

  1. Multiple Way Selection

Multiple way selection merupakan suatu keadaan di mana kita harus memilih satu diantara sekian banyak kemungkinan. Dalam bahasa Java, multiple way selection dapat kita jumpai pada penggunaan switch case.

Switch case dirancang khusus untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan banyak alternative penyelesaian. Banyak orang yang mengatakan bahwa penggunaan switch case jauh lebih mudah dibandingkan penggunaan if-else. Namun, switch case memiliki batasan yaitu tipe data berupa integer atau char.

6-7

Dengan keterangan sebagai berikut:

Constanta 1, constanta 2 merupakan hal yang akan dicocokkan dengan isi value.
Statement adalah pernyataan yang akan di kerjakan jika value (bertipe integer atau karakter) cocok dengan salah satu data dari constanta 1 , constanta 2 atau yang lainnya.

Break: perintah untuk mengakhiri statement. Apabila tidak ada break, komputer akan mengeksekusi intruksi yang berada di bawahnya walaupun berada di case yang berbeda.

Default: bersifat optional. dieksekusi jika value tidak cocok dengan salah satu constanta yang tersedia

Iterative Statement

Iterative statement biasa dikenal sebagai loop yang berarti perulangan sejumlah statement sesuai batas tertentu. Loop bisa dibilang sebagai core dari suatu pemrogramman karena dengan menggunakan loop kita dapat menghemat waktu penulisan. Dalam melakukan loop kita harus memperhatikan dua hal penting yaitu variabel control ( mengendalikan perulangan ) dan variabel dapat dimodifikasi.

Iterative statement pada java dibagi menjadi tiga bagian penting yaitu:

  1. While

6-8

 

Pada while dia akan melakukan cek terhadap boolean expression, bila benar akan dijalankan. Bila tidak maka tidak akan berjalan.

6-9

6-10

  1. Do While

6-11

Pada do while, statement akan dijalankan satu kali baru dilakukan proses cek terhadap boolean expression. Bila benar maka akan terjadi loop, bila tidak maka loop akan berhenti.

6-12

  1. For

For dalam bahasa pemrogramman Java mempunyai dua tipe di mana tipe tersebut memiliki syntax yang berbeda. Tipe For pada Java terbagi menjadi:

  1. For

6-13

6-14

6-15

2. For Enhanced

6-16

For enhanced biasa digunakan dalam array untuk memudahkan dalam loop.

Branching Statements

Dalam bahasa Java mendukung tiga macam branching statement yaitu break, continue, dan return. Branching statement digunakan untuk menghentikan atau melewati suatu kondisi pada loop.

  1. Break

Break statement berfungsi menghentikan suatu looping bila kondisi terpenuhi.

6-17

  1. Continue

Continue statement berfungsi untuk melewati loop bila kondisi terpenuhi tetapi loop tetap berjalan sampai batas awal yang ditetapkan. Jadi, hanya melewati kondisi yang terpenuhi tetapi loop tidak berhenti seperti break.

6-18

  1. Return

Return statement merupakan statement yang digunakan untuk menghentikan eksekusi dan mengembalikan nilainya.

6-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *